Kunjungan Industri SMK Muhammadiyah 1 Klaten
Diposting oleh Admin pada Jum, 24/10/2014 06:18 WIB


Keterkaitan dunia pendidikan dengan dunia industri tidak dapat dipisahkan terutama pendidikan di jenjang menengah kejuruan. Banyak nya materi teori yang diberikan oleh pengajar harus diimbangi juga dengan tinjauan langsung ke lapangan.

Sebagai bentuk program CSR di PT. Bakrie Pipe Indutries dan dalam upaya mendukung program pemerintah dalam hal menyiapkan generasi muda yang siap dalam pembangunan bangsa, maka pada tanggal 15 Okober 2014 lalu SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara melakukan kunjungan industri ke pabrik PT. Bakrie Pipe Industries yang berada di Bekasi. Rombongan ini dipimpin oleh 8 orang guru pendamping dan dihadiri oleh sekitar 100 orang siswa Menengah Kejuruan.

Kedatangan rombongan kunjungan industri tersebut disambut oleh perwakilan dari PT. BPI yang saat itu diwakili oleh Bpk. Suradji. Agenda kunjungan industri dimulai dengan pengenalan Safety Induction yang disampaikan oleh bapak Dedy Muchtar dari HSE. Di jelaskan bahwa keselamatan jadi hal utama yang harus diperhatikan saat rombongan nanti akan melakukan plant visit ke KT 24.

Method Departemen menjelaskan bagaimana proses produksi pipa baja dilakukan serta pengenalan produk - produk pipa yang dihasilkan di BPI ini. Setelah itu dilanjutkan dengan plant visit ke mesin KT 24 untuk melihat proses produksi pipa dari awal HRC sampai terbentuk pipa.

Antusiasme sangat terlihat dari para siswa, banyak yang mengajukan pertanyaan di sela-sela plant visit maupun saat presentasi dikelas. Semoga dengan adanya kunjungan industri ini dapat bermanfaat bagi para siswa yang akan memasuki dunia kerja nantinya. PT. Bakrie pipe Industries sangat mendukung kunjungan industri seperti ini karena berawal dari siswa-siswa tersebutlah kita dapat membangun dunia industri dalam negeri untuk lebih maju.


Artikel ini sudah dibaca oleh : 1020 pengunjung



Whistle Blower System