CSR Yayasan Sayap Ibu Bintaro
Diposting oleh Admin pada Sen, 25/08/2014 06:10 WIB


Kepedulian sosial suatu perusahaan didasari bahwasanya kegiatan perusahaan membawa dampak bagi kondisi sosial - ekonomi masyarakat dimana pun berada, khususnya disekitar perusahaan beroperasi. CSR (Program Corporate Social Reponsibility) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi UU PT No.40 Tahun 2007 pasal 74 Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT) yang baru yang menyebutkan bahwa PT yang menjalankan usaha di bidang dan/atau bersangkutan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Beberapa waktu yang lalu PT.Bakrie Pipe Industries mengadakan Program Corporate Social Reponsibility ke yayasan Sayap Ibu Yang berlokasi di Bintaro. Tempat apa sih yayasan sayap ibu itu?Apa saja yang kita lakukan disana? Berikut ulasana lengkapnya cek it out!
Yayasan Sayap Ibu diambil dari bahasa Belanda "onder moeder’s vleugels" yang artinya adalah "di bawah sayap Ibu", yang menggambarkan betapa besar tekad seorang ibu dalam melindungi anaknya, seperti induk ayam yang menggunakan sayapnya untuk melindungi anak-anaknya dari bahaya. Misi dari yayasan yaitu melakukan penyantunan, perawatan & pendidikan anak penyadang disabilitas terlantar, baik di panti maupun non panti ,mengusahakan rehabilitasi fisik, psikis & sosial secara optimal. Selain membantu mengupayakan pengobatan hingga tuntas bagi mereka yang tak mampu, yayasan ini juga menjadi "gudang informasi" bagi kalangan berpunya yang butuh tenaga ahli/rumah sakit untuk mengobati penyakitnya.

Tepatnya Pada tanggal 27 Juni 2014 PT.Bakrie Pipe Industries yang saat itu diwakili oleh jajaran Management, Karyawan Teladan serta para peserta Management Trainee melakukan kunjungan ke Yayasan Sayap Ibu Bintaro. Rombongan kami berangkat dari pabrik di bekasi pukul 08.00 dan sampai di bintaro pukul 10.00.Kedatangan kami di sambut hangat oleh pengurus yayasan beserta beberapa anak penghuni yayasan. Rombongan kami langsung di arahkan ke salah satu ruang pertemuan yang ada di lantai dua gedung Yayasan tersebut. Ketua Pembina yayasan melakukan persentasi tentang visi , misi serta sejarah terbentuknya Yayasan Sayap Ibu cabang Bintaro ini kepada rombongan kami. Ibu Hj. Aisyah Hamid Baidlowi juga menjelaskan bahwa di Yayasan ini banyak program pelayanan terapi untuk anak penyandang cacat disabilitas, seperti : Aktivitas Rehabilitasi melalui : Hydroterapy, Fisioterapy, Speech Terapy, Tumbuh Kembang, Play with Childrens Laying in Bed, Music, Remedial Teaching.Pelayanan terapi tersebut, merupakan kegiatan Teraputik yang di lakukan saat ini. Untuk kelancaran kegiatan tersebut, didukung oleh tim yang solid seperti Kepala Rehabiltasi, Therapis Professional, Kepala Perawat, dan Perawat yang merupakan unjung tombak merawat dan menangani anak-anak setiap saat. Sesi pagi itu di tutup dengan pemberian santunan dari PT.Bakrie Pipe Industries yang saat itu diwakili oleh bapak Rifa’i ,Bapak Indra dan Bapak Suradji yang di serahkan secara simbolik kepada ketua pengurus Yayasan yaitu ibu Hj. Aisyah Hamid Baidlowi .

Setelah Presentasi yang dilakukan oleh ketua pembina yayasan, kita di ajak untuk berkeliling menemui anak-anak penghuni yayasan, disana kita dihadapkan oleh beberapa anak penyadang disabilitas, rombongan pun tak segan mengajak bercanda anak-anak yang mengalami keterbatasan fisik dan mental tersebut. Melihat kembali potret kehidupan anak – anak ini membuat kami yang mengunjungi mereka tersentuh, apalagi ketika melihat senyuman – senyuman yang mereka berikan ketika kami menyapa dan berjabatan tangan. Dari sekian anak salah satu anak yang mengundang perhatian kami adalah Bayu,anak penyandang hydrocepallus ini merupakan salah satu anak yang cerdas disini,walaupun mempunyai keterbatasan fisik,kita masih bisa melihat senyum ceria dari bayu,di ceritakan lebih lanjut oleh pengurus bahwa bayu ini mengidap hydrocepallus sejak dilahirkan,tetapi karena cepat ditangani maka operasi dapat dilakukan sehingga bayu dapat bertahan dan belajar sampai sekarang ini.

Acara kunjungan kami berakhir pukul 12.00, dikarenakan saat itu bertepatan dengan hari jumat dan harus segera mengikuti shalat jumat,maka rombongan kami harus menyudahi sesi bercengkerama dengan anak-anak itu,acara itu ditutup dengan sesi photo bersama seluruh rombongan dengan seluruh penghuni yayasan.
Sebuah sentuhan kasih yang mengharukan bagi kami bisa berbagi sukacita dalam setiap kekurangan dan menjadikannya berkat bagi anak-anak itu. Buat kami mungkin ini bukanlah hal yang luar biasa dan istimewa, namun bagi mereka yang mengharapkan cinta dan kasih yang lebih, itu adalah sebuah penghiburan yang luar biasa menyenangkan. Banyak sekali pelajaran yang kami dapatkan dengan kunjungan ini,dan kita juga semakin memahami betapa indahnya rasa syukur dan berbagi itu. Semoga dengan kunjungan kita ini,kita bisa lebih bersyukur akan nikmat sehat yang senantiasa Allah SWT berikan kepada kita dan semoga kita dapat selalu berbagi kepada sesama umat yang membutuhkan.


Artikel ini sudah dibaca oleh : 1302 pengunjung



Whistle Blower System