Lailatul Qadar, Kapan Datangnya?
Diposting oleh Admin pada Kam, 13/04/2023 10:18 WIB


 Hampir memasuki minggu keempat bulan Ramadhan tahun 2023, PT Bakrie Pipe Industries masih tetap mengadakan tausiah tepat setelah sholat dzuhur, sama halnya seperti minggu-minggu sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai tema tausiah yang akan dibawakan pada Senin, 17 April 2023, yaitu “Lailatul Qadar, Kapan Datangnya?”. Mari disimak pembahasan lebih lanjut terkait tema di atas!

Pendefinisian Lailatul Qadar

Lailatul Qadar menjadi salah satu bahasan yang tak pernah terlupakan ketika memasuki bulan Ramadhan. Namun nampaknya, tak semua umat muslim tahu pasti makna dari Lailatul Qadar. Lailatul Qadar berasal dari pembentukan dua suku kata, yaitu “lail” yang berarti malam dan “qadar’ yang berarti mulia. Bila dua kata tadi diasimilasikan, maka definisinya menjadi “malam yang penuh dengan kemuliaan”. Pada mulanya, Lailatul Qadar merupakan malam dimana ayat pertama Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Itulah yang kemudian mendasari keyakinan umat muslim untuk lebih menyempurnakan ibadahnya di tiap malam Lailatul Qadar dibanding dengan malam-malam lainnya.

Sisi filosofis dari ketidaktahuan kapan malam Lailatul Qadar yang sebenarnya

Berbicara tentang waktu, tak ada yang tahu pasti kapan itu malam Lailatul Qadar. Melihat realita yang ada, sebab itu munculah banyak perdebatan terkait penempatan waktunya. Ada yang mengatakan bahwa Lailatul Qadar bertepatan dengan hari ke-17 di bulan Ramadhan. Ada pula yang meyakini bahwa Lailatul Qadar merupakan malam ke-24 atau ke-25 di bulan Ramadhan. Tak hanya dua pernyataan itu, ada juga yang mempercayai bahwa salah satu dari 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, tak lain merupakan malam Lailatul Qadar. Penting bagi kita sebagai umat muslim untuk tidak sembarang menaruh spekulasi tentang tanggal pasti dari malam Lailatul Qadar itu, sebab lagi-lagi tak ada satupun yang tahu mengenai hal itu.

Berkaca pada fenomena banyaknya perdebatan serta perbedaan keyakinan, terdapat titik tengah yang bisa kita ambil untuk dipelajari. Umumnya, ahli agama berpendapat bahwa Lailatul Qadar tidak lain ialah malam yang istimewa. Keistimewaannya dapat mengantarkan umat islam dalam upaya menjemput kemuliaan dengan menunaikan ibadah yang akan digantikan dengan ganjaran pahala yang lebih dilipatgandakan dibanding dengan menunaikan ibadah saat waktu malam di hari-hari biasa. Berlipat-lipat pahala yang menjanjikan itu telah memompa sisi rohani tulus umat muslim walau terdapat ketidaktentuan waktu atas malam Lailatul Qadar. Di saat yang bersamaan, dengan adanya ketidakpastian terkait penanggalannya, nampaknya itu akan meningkatkan posibilitas bagi umat muslim untuk berupaya menunaikan ibadah di beberapa malam, tak hanya satu malam saja. Dengan kata lain, ini dapat menunjukkan upaya umat untuk melakukan ibadah tanpa memandang hari. Bayangkan bila ternyata Lailatul Qadar dinyatakan bertepatan pada satu tanggal tertentu. Hal itu memunculkan kemungkinan bagi suatu umat untuk menyerahkan segala usaha yang sama untuk melaksanakan ibadah mengingat mereka akan lebih giat pada satu malam Lailatul Qadarnya saja, tidak dengan malam di hari lainnya.

(sumber: https://tangerangkota.kemenag.go.id/keistimewaan-lailatul-qadr/)

 

 


Artikel ini sudah dibaca oleh : 368 pengunjung



Whistle Blower System